December 6, 2015

Peranan Geotechnical Engineering dalam Pertambangan

imageTugas Insinyur Geoteknik dalam pertambangan adalah membuat dan merancang jalan,dasar-dasar pondasi, Kolam, dan sejumlah fasilitas infrastruktur lainnya untuk  tambang. Kemudian penambang (mine engineer) mengmbil bijih dari tanah. Ketika mine engineer  mendapatkan mineral dari bijih. Insinyur Geoteknik mengambil alih lagi untuk menangani waste dump bijih dan extrak mineral lainnya.

Posisi Seorang Geotek engineerdi perusahaan tambang sangat penting. Terkadang mereka menjadi regulator pertimbangan dalam perijinan rencana tambang.

Geoteknik engineer memiliki keterampilan mendasar dalam pelatihan pertambangan, sipil, dan geologi yang terlibat dalam desain dan operasi tambang dan fasilitas infrastruktur lainnya. Insinyur ini juga mengkhususkan diri dalam atau menggambar pada keahlian spesialis di bidang terkait geologi, kegempaan, geohidrologi, hidrogeologi, geokimia, dan geofisika.

image

Teknologi ini memberikan kontribusi untuk pemahaman tentang distribusi dan rekayasa sifat batuan, tanah, dan komponen air dalam struktur geoteknik atau fasilitas dan kekuatan apa yang mereka akan gunakan.

APA YANG DILAKUKAN GEOTEK ENGINEER UNTUK TAMBANG?

1. Akses dan Jalan Tambang
Jadi jelas, itu adalah klise untuk mengatakan, tapi untuk mendapatkan dan sekitar tambang Anda memerlukan akses & jalan tambang. Insinyur geoteknik menempatkan, mendesain, dan membangun jalan-jalan. Tapi biasanya apabila Perusahaan tersebut mempunyai seorang Mine plan Tugas ini dikerjakan oleh mereka dan harus sesuai izin dari seorang geotek engineer untuk memastikan kondisi jalan tersebut aman dilalui.

image

2. PONDASI
Semua bangunan tambang memiliki pondasi. Pekerjaan geoteknik yang terlibat dalam merancang fondasi infrastruktur tambang umumnya dilakukan selama fase pengembangan tambang. Jadi pastikan seorang geotek enginer masuk dalam team dalam pembuatan rancangan pondasi.

image

3. Tambang Bawah tanah dan Mekanika Batuan
Peran insinyur geoteknik dalam mekanika batuan tambang bawah tanah telah meningkatkan keberhasilan dalam pencapaian, antara lain:

a. meningkatkan daya dukung batuan dalam tambang bawah tanah, sehingga meningkatkan keselamatan pekerja tambang.
b.  Pengembangan metode penambangan dan sistem pendukung mekanik untuk meningkatkan produktivitas pekerja
c. Pengembangan metode penambangan alternatif, seperti block caving, untuk mengoptimalkan resource.

Geotek engineer merupakan pemimpin dalam desain dan penempatan material tambang terutama dengan sistem backfill.

image

4. Tambang Terbuka dan Mekanika Tanah
Geotek engineer memegang perana utama dalam desain dan operasi pada tambang terbuka (Open Pit). Tambang terbuka mengalami peningkatan dalam sisi ekonomi pada akhir tahun 1960-an.Pada saat itu geoteknik merupakan ujung tombak dalam kesuksesan operasi dan Optimalisasi stabilitas lereng.Sehingga hal Ini sangat berguna sekali dalam industri teknik sipil.

Tahun 1970-an merupakan periode ekpansi dan pengembangan teknologi stabilitas lereng tambang terbuka sangat pesat terutama yang terkait dengan industri pertambangan logam.

pada tahun 1980 sampai pada massa sekarang geotek engineer mengalami pasang surut permintaan kebutuhan konsultasi dikarenakan banyak perusahaan tambang terbuka tutup buku. Walaupun demikian peranannya pada abad modern ini sangat tinggi karena adanya pengembangan teknologi dalam penambangan sehingga kebutuhan tenaga seorang geotek sangat tinggi.

image

4. DAM dan SEDIMEN POND (kolam Pengendapan)
Para Ilmuan lingkungan dan hidrologi bertanggungjawab memastikan aliran air ketika meninggalkan tambang kualitasnya permukaan air memenuhi standar yang telah ditentukan. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu kordinasi dengan seorang geotek engineer dalam merancang kolam pengendapan.

image

5. Tailing dan Waste Dump
Perencanaan dan penempatan tailing dan waste dump sangat diperlukan guna memastikan tempat tersebut aman dan terhindar dari longsoran. Perlu Pemikiran jangka panjang dan mendalam dari seorang geotek dalam merencanakanya karena aspeknya harus memikirkan daya dukung serta kekuatan tanah/batuan dan kontrol terhadap rembesan air limpasan/tanah terhadap desain.

image

6.Analisis dan Desain
Guna mndukung hal tersebut geotek engineer memerlukan software pendukung dalam desain biasanya menggunakan autocad, dips, Slop W, minescape, Surpac dan masih banyak lagi software terkait biasanya bersamaan dengan software civil.

image

<rlmnr>

Artikel Terkait

No comments: