December 9, 2010

Tahap – Tahap Proses Supply

clip_image002

                                 Gambar 1 Faktor-faktor fisik yang mempengaruhi supply metal

A. Pengaruh sifat-sifat fisik terhadap eksplorasi dan development

Di dalam proses supply mineral eksplorasi adalah tahap awal yang sangat penting. Tanpa eksplorasi supply lambat laun akan berkurang oleh karena deplition dari cadangan yang dieksplotasi.

Eksplorasi akan dilanjutkan dengan development bila cadangan bijih dapat dieksploitasi secara menguntungkan. Sifat-sifat fisik yang berpengaruh terhadap eksplorasi dan development adalah lokasi, kedalaman, cadangan, dan kadar.

 

B. Pengaruh sifat-sifat fisik terhadap penambangan dan pengolahan

Sifat-sifat fisik yang penting dalam penambangan dan pengolahan bijih adalah kedalaman, macam tanah penutup dari endapan, jumlah cadangan, kadar bijih, lokasi, mineralogi, dan ukuran butir.

Kedalaman endapan merupakan faktor utama di dalam penentuan metoda penambangan (tambang terbuka atau tambang bawah tanah). Hal ini menentukan besarnya ongkos dan jumlah buruh yang dibutuhkan.

Sifat-sifat mineralogi, kimia, dan fisik dari endapan merupakan faktor utama di dalam penggunaan energi untuk pengolahan.

 

C. Pengaruh sifat-sifat fisik terhadap smelting dan refining

Proses-proses ini lebih bersifat energy intensive persatuan jumlah material yang diolah dibandingkan dengan penambangan dan pengolahan.

Berdasarkan hal ini maka bijih yang berkadar tinggi sebagai feed adalah lebih baik dibandingkan dengan bijih berkadar rendah.

 

Artikel Terkait

No comments: